Tujuh Pesan Presiden Saat Penyerahan DIPA 2018

By Admin

nusakini.com--Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 kepada kementerian, lembaga, daerah. Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan Anugerah Dana Rakca tahun 2017 kepada 9 daerah berkinerja baik. 

Seremonial ini berlangsung di Istana Bogor. Di hadapan jajarannya, Presiden menyampaikan tujuh pesan, yaitu: 

Pertama, perkuat sinkronisasi, keterpaduan, serta sinergi antarkegiatan yang didanai oleh belanja pusat dan daerah. Sinkronisasi penting, misalnya agar tidak terjadi lagi pembangunan bendungan tapi tidak ada irigasi, atau membangun pelabuhan tetapi tidak ada akses jalannya. “Ini tidak satu-dua. Jangan kita ulangi seperti ini,” tegas Presiden Jokowi di Bogor, Rabu (06/12).  

“Lakukan perencanaan dan penganggaran yang fokus,” lanjutnya menjelaskan hal kedua.  

Berikutnya, Presiden meminta agar jajarannya meningkatkan belanja publik dan pemenuhan mandatory. Misalnya, program terkait anggaran pendidikan, kesehatan, alokasi dana desa, termasuk alokasi belanja infrastruktur. 

Keempat, Peraturan Daerah mengenai APBD harus disahkan tepat waktu. Menurutnya, hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pelaksanaan program dan anggaran. “Menghindari penumpukan anggaran di akhir tahun,” tegasnya  

Kelima, melakukan efisiensi anggaran. Seluruh menteri, kepala lembaga, gubernur, walikota, bupati, agar mencermati Rencana Kerja & Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L), termasuk RKA dinas di daerah, sejak dari penyusunan rencana, pelaksanaan, hingga pelaporan. 

Keenam, optimalisasi penggunaan dana desa melalui kegiatan swakelola berbasis padat karya. “Akan ada 14 juta (orang) akan kerja, jika ini dilakukan secara benar,” paparnya. 

Terakhir, Presiden Jokowi meminta ASN fokus bekerja. “Saya minta supaya terus meningkatkan koordinasi di seluruh jajaran, sehingga APBN dapat menjadi katalisator pembangunan," tuturnya.  

“Juga, jangan lupa menggandeng sektor swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional, khususnya di infrastruktur. Kita jaga kita tingkatkan iklim investasi yang sudah membaik,” pungkasnya.  

Hadir dalam acara ini wakil presiden, para menteri Kabinet Kerja, kepala lembaga, gubernur, bupati, walikota. 

Anugerah Dana Rakca diberikan kepada Sembilan daerah berkinerja baik, yaitu: Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Badung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Karanganyar, Kota Depok, Kota Semarang, dan Kota Surabaya. (p/ab)